Hasil Lomba Best Practices Tahun 2023

Pada awal bulan Oktober tahun 2023 ini, Admin  Kursus Korea Surabaya mengikuti lomba Best Practice Tahun 2023 yang di adakan oleh HRD Korea EPS  center in Indonesia. Alhamdulillah sesuai keputusan panitia saya dipilih menjadi juara I. Terima kasih saya sampaikan atas kepercayaan ini. Lomba ini adalah lomba menulis atau bercerita tentang kesuksesan Pekerja yang telah kembali ke Tanah Air  yang bertujuan untuk mendukung dan menyebarkan informasi tentang contoh keberhasilan menetap di tanah​ air bagi pekerja E-9. 

Admin ikut lomba karena ikut berpatisipasi karena sebagai eks PMI Korea atau dulu diistilahkan TKI Korea memang selama ini selalu mengikuti program-program yang diadakan oleh HRD Korea. Saya merasa bahwa HRD Korea tidak sekedar membuat program pemberangkatan ke Korea tetapi juga memberikan solusi untuk yang sudah kembali ke tanah air yaitu Indonesia. Banyak perusahaan -perusahaan Korea yang selama ini memiliki cabang di Indonesia dan membutuhkan tenaga PMI program E-9 yang telah kembali. Mudah-mudahan acara seperti ini bisa berkelanjutan sehingga memberikan motivasi bagi teman-teman PMI untuk selalu belajar, bekerja keras bahwa masa depannya PMI itu sangat cerah.

Saya adalah   TKI korea yang bekerja di Korea dari tahun 1997 sampai tahun 2000 dan kembali dari tahun 2006 hingga tahun 2012. pada tahun 2013 HRD Korea memberikan pelatihan eks Korea dan saya mengikutinya .  Dari situ saya mendapatkan pekerjaan di Indonesia sampai sekarang , juga dari itu saya mulai merintis kursus Korea Surabaya hingga saat ini.

Semua tidak sempurna tapi hanya bagian dari tahapan kesuksesan, karena sesungguhnya  sukses itu bukan final tapi sukses selalu ada pada setiap tahapan. Ketika peserta kursus selesai kursus itu sukses, ketika lulus ujian EPS Topik atau Topik itu sukses, ketika bisa berangkat kerja ke Korea itu sukses dan ketika bisa menyelesaikan Kontrak kerja itu juga kesuksesan. Terlebih ketika kita bisa bersama keluarga, mempunyai usaha atau pekerjaan, ekonomi yang cukup  itu adalah mimpi semua orang terlepas kita menjadi apa,pangkatnya apa. Sebaik baiknya orang adalah yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *