PENERIMAAN PENGHARGAAN DARI MENTERI TENAGA KERJA KOREA

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak lupa akan jasa para pahlawannya”. begitu ungkapan yang sangat populer di negara kita Indonesia.  Negara Korea yang menerapkan sistem kerja Employment Permit System ( EPS ) atau dalam bahasa Koreanya 고용 허가제, telah melaksanakan evaluai rutin dan memberika reward atas keberhasilan sistem tersebut .

Pada tanggal 22 November 2023 yang lalu, Pemerintah Korea memberikan apresiasi atau penghargaan kepada para tenaga kerja yang dulu bekerja di Korea dan saat ini telah kembali ke tanah air masing -masing dan dinilai berhasil dalam usahanya setelah merintis usaha di negara masing -masing.  Hadir pada acara tersebut Menteri Tenaga Kerja Korea Selatan saat ini yaitu beliau Mr. Lee Jeong Sik dan Kepala Program EPS  Korea Mr Lee Woo Young .
Dalam Kesempatan itu hadir perwakilan dari 16 Negara MOU  tentang pengiriman tenaga kerja ke Korea Selatan yang diseleksi melalui lomba best practice tentang kesuksesan setelah kembali ke tanah air. Hadir juga undangan dari kedutaan masing – masing negara.
Tujuan utama dari pelaksanaan ini adalah apresiasi terhadap tenaga kerja asing yang telah kembali ke tanah air masing-masing dan sukses dalam menjalankan usaha, baik itu berwiraswasta atau  menjadi karyawan di negaranya
Saya, Kasno,S.Ag mewakili Indonesia setelah dalam seleksi lomba Best Practice di Indonesia terpilih pemenang pertama oleh HRD Korea di Indonesia.  Di level antar negara MOU ( 16 Negara ), saya mendapatkan peringkat Runner Up .

Tentu sangat membagakan dan membahagiakan saya sebagai orang yang 9 ( sembilan ) tahun bekerja di Korea dan dengan jerih payah  dan kerasnya dalam bekerja di Korea.  Semua pengalaman itu menjadi modal dalam bekerja setelah kembali ke tanah air, dimana saya dari karyawan biasa  hingga menjadi manager dan juga dipercaya menjadi direktur di beberapa divisi dalam naungan Cahaya Citra Group dan juga tetap belajar dengan membuat kelas Bahasa Korea di Surabaya. Mudah-mudahan inspirasi ini bisa memotivasi kepada  teman-teman tenaga kerja Korea untuk terus belajar dan gigih dalam bekerja .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *